Adjis Doaibu Bongkar Tarif Komika Indonesia 1 kali Manggung

Adjis Doaibu Bongkar Tarif Komika Indonesia 1 kali Manggung
Foto: Topik Populer - @adjisdoaibu

Topikpopuler.com – Presiden Komunitas Standupindo, Adjis Doaibu baru-baru ini membeberkan terang-terangan tarif yang didapat oleh seorang komika.

Di Indonesia, komika termahal bisa sampai mengantongi tarif hampir menyentuh ratusan juta hanya tampil dalam 10 menit.

Baca: Fuji Utami Putri Ultah ke-20 Dapat Pesta Kejutan Penuh Haru

Bersama beberapa orang komika lainnya, ia menyediakan wadah untuk siapa saja yang tertarik menjadi komika, dan memberlakukan syarat tertentu.

Seorang komika tidak hanya sekedar menghadirkan hiburan berupa hal yang lucu, tapi juga membuat kita berpikir dari sisi lain dalam suatu masalah.

Baca: Gisella Anastasia Dikabarkan Sudah Punya Kekasih Baru

Adjis Doaibu Bongkar Tarif Komika Indonesia 1 kali Manggung

Tidak mudah untuk menjadi seorang komika yang lucu tapi juga harus bisa menyampaikan pesan moral dalam setiap aksi lawakannya.

Mungkin inilah sebabnya kenapa tarif seorang komika bisa mencapai nilai sampai puluhan juta bahkan nyaris menyentuh angka seratus juta sekali tampil.

Adjis Doaibu Bongkar Tarif Komika Indonesia 1 kali Manggung
Foto: Topik Populer – @adjisdoaibu

Menurut Adjis Doaibu dalam komunitasnya di setiap daerah akan diberlakukan standart khusus, dan diarahkan sesuai kemampuan si komika tersebut.

“Pokoknya tiap daerah harus punya standart. Kalau mau ada yang gabung boleh, belum lucu pun enggak papa asal dia harus ngelewatin tiga kali atau empat kali open mic,” ujar Adjis Doaibu, dilansir dari kanal YouTube Najwa Shihab, 3 November 2022.

Setelahnya, mereka akan diarahkan ke jenis komedi sesuai dengan kemampuan yang telah dipertunjukkan untuk membentuk komika yang bervariatif, atau juga bisa dilibatkan di belakang layar.

“Banyak banget teman-teman yang kita tungguin bertahun-tahun kok enggak lucu-lucu, akhirnya kita arahin ‘udah jadi ini ya ngurusin acara ini ya’,” sambung Adjis Doaibu.

Adjis Doaibu menuturkan jika untuk pemula, seorang komika bisa mengantongi Rp1 juta sampai Rp3 juta untuk satu kali aksinya di atas panggung, dalam durasi 10 menit.

“Kalau pemula itu sekarang udah mulai enak ya, 1 juta 3 juta udah ada pemula,” tutur Adjis Doaibu.

Adjis Doaibu Bongkar Tarif Komika Indonesia 1 kali Manggung
Foto: Topik Populer – @adjisdoaibu

Lebih lanjut, Adjis Doaibu juga menyebut angka yang didapat komika termahal di Indonesia, yaitu hingga Rp85 juta untuk satu sesi aksinya membawakan materi.

“Saya bilang yang paling mahal yang pernah saya dengar aja ya. Itu ada yang 85 (juta), (untuk) 10 menit,” ucapnya.

“Kalau saya yang jadi bikin acara sih, saya enggak mau. Mahal, mendingan ngundang Padi iya kan nyanyi,” lanjut Adjis Doaibu usai membeberkan tarif termahal komika Indonesia.