Dorce Gamalama lahir di Solok, Sumatera Barat pada 21 Juli 1963. Dia terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi. Ia adalah penghibur Indonesia. Ia telah berkecimpung dalam profesi pelawak, pembaca acara, film dan musik.

Ayahnya bernama Achmad dan ibunya Dalifah. Sejak usia satu tahun kedua orangtuanya telah meninggal dunia dan ia diasuh oleh neneknya Siti Darama. Dalam usia dua tahun ia bersama neneknya pindah ke Jakarta.

Karir musiknya diawali dengan bernyanyi bersama kelompok Bambang Brothers waktu ia masih SD. Di SMP ia semakin tidak tertarik pada pelajaran sekolah dan lebih perhatian pada karir menyanyi. Selain itu ia juga mulai menyadari kecenderungannya untuk tertarik pada pria. Hal ini juga ia manfaatkan untuk membuat penampilannya di atas panggung tambah menarik, yaitu melawak dengan berpura-pura menjadi wanita. Ketika itulah ia mendapat nama panggilan dari Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls, yaitu Dorce Ashadi.

Karena semakin merrasa terperangkap dalam tubuh seorang lelaki, ia mulai memutuskan untuk operasi ganti kelamin menjadi seorang wanita. Hal itu dilakukannya di Surabaya. Walaupun mendapat tantangan dari berbagai pihak, hal ini juga diberitakan luas oleh media massa dan membuat Dorce semakin terkenal. Setelah muncul di stasiun televisi daerah Surabaya, ia mulai muncul juga di TVRI pusat Jakarta dan diundang untuk tampil diberbagai kota di Indonesia. Hal ini diikuti oleh Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh, dan kontrk rekaman.

Berbagai prestasi telah diraih oleh Dorce. Antara lain dalam keberhasilannya masuk dalam presenter papan atas. Bahkan akibat peluncuran sembilan album sekaligus hanya dalam waktu 5 bulan, Dorce meraih Book Record Museum Record Indonesia (MURI). Album yang melibatkan 74 artis itu, menempatkan Dorce masuk di posisi 1883dalam daftar penerimaan penghargaan MURI.

Menurutnya ia mendapat inspirasi untuk nama Gamalama dari suatu perjalanan untuk menyanyi di Ternate bersama Benyamin Sueb, dimana ia melihat gunung Gamalama. Setelah naik haji ia juga menambah nama Halimatussadiyah. Dorce telah mengadopsi tiga anak, bernama Rizky, fatimah, dan Khadijah.

Dorce pernah tampil setiap hari di Trans TV memandu acara Dorce Show, yang penayangannya sudah dihentikan dan diganti dengan D’Show.

Presenter:

  • Dorce Show (Trans TV)

Filmografi

  • Dorce Sok Akrab (1989)
  • Dorce Ketemu Jodoh (1990)
  • Mas suka, Masukkin Aja-Besar Kecil It’s Okay (2008)
  • Hantu Biang Kerok (2009)

Share.