Nama Lengkap: Ghea Sukarya Panggabean Tempat/ Tinggal Lahir: Rotterdam, Belanda 1 Maret 1955 Nama Suami: Baringin PanggabeanNama anak: Amanda,Yana, Igor Nama Ayah: Sutardi Sukarya.
Dikenal sebagai perancang busana etnik. Selain menciptakan motif tekstilnya sendiri, baik print maupun buatan tangan yang diaplikasikan ke berbagai bahan, Ghea juga mendesainnya menjadi baju ready to wear yang eksklusif. Kecintaannya terhadap etnik telah membuatnya melalang buana untuk lebih mengenal etnik di berbagai negara.   Wanita Indo-Belanda ini semula berminat untuk menjadi seorang pelukis. Darah seninya ini mengalir dari keluarga ibunya yang banyak berkecimpung di dunia kreatif.    

 

Ghea mengawali pendidikannya di Jerman Barat dan Rotterdam , Belanda. Kemudian meneruskan kuliah di Stamford Secretarial & Management College , Singapore (1974). Sempat setahun kuliah di Akademi Seni Rupa Trisakti, Jakarta (1975). Karena bosan dengan teori-teori yang ia dapatkan di sekolah tersebut, Ghea berangkat ke London dan kuliah di Lucie Clayton College of Dressmaking Fashion Design (1976-1978). Lantas meneruskan di Chelsea Academy of Fashion, London (1979).

Saat ini Ia memiliki beberapa outlet di Jakarta . Koleksinya dari casual mix sampai high fashion garments yang sophisticated. Tahun 1984-1985, Ghea sering mengikuti pame ran-pameran ekpor di luar negeri. Misalnya di Perancis dan New York . 1996, ia mendapat undangan dari First Lady Singapore untuk mengikuti pagelaran exclusive show di Singapore. Pada tahun yang sama, Ghea bekerjasama dengan First Lady Orchid Foundation membuka outletnya di Ms Joaquim`s boutique. Tahun 1999, muncul pemilik butik dari Malaysia, Farah Khan, yang tertarik pada rancangannya dan kemudian memajang karya-karya Ghea di ASEANA Boutique, Kuala Lumpur dengan perancang-perancang Asia lainnya. 

Pendidikan :

  • kuliah di Stamford Secretarial & Management College, Singapore (1974).
  • Lucie Clayton College of Dressmaking Fashion Design, London (1976-1978).
  • Chelsea Academy of Fashion, London (1979).

Prestasi :

  • Memiliki outlet-outlet di berbagai mall di Jakarta.
  • Pagelaran exclusive show di Singapore 1996, atas undangan dari First Lady Singapore
  • Bekerja sama dengan First Lady Orchid Foundation membuka outletnya di Ms Joaquim`s boutique, 1996

Share.