Wahyuni Irawati dikenal dengan Ira Swara lahir di Jakarta pada 16 Juni 1980. Ia adalah penyanyi dangdut. Ira menikah dengan Cecep Syarifudin, seorang pria yang dikenalnya sejak bangku SMA pada tanggal 28 Juni 2004. Dari pernikahan ini, Ira mendapat seorang anak, Anandra Syarifudin, sedangkan dari pernikahan pertamanya, Ira memiliki seorang anak, Yunia Syahri.

Ira telah bernyanyi sejak masih kecil, namun karier dangdutnya dimulai saat bergabung dengan Soneta Femina, kelompok penyanyi latar Soneta Group yang dimotori Rhoma Irama. Album pertama Ira adalah Matador (1995) kemudian disusul oleh Lembaran Baru, dan Catatan Dusta (2000) bersama Soneta Femina.

Album tersuksesnya adalah album duet dengan Saiful Jamil bertajuk Duet Sang Bintang yang merupakan albuk keempatnya. Album ini mendapat penghargaan dari SCTV Music Awards 2006 Kategori Album dangdut Ngetop.Trio Macan. Bahkan lewat lagu mereka “Jujur” keduanya mendapat nominasi Penghargaan MTV Indonesia 2006 untuk kategori Best Dangdut. Pasangan ini dikalahkan oleh pendatang baru,

Selain menyanyi, Ira juga pernah menjadi presenter, antara lain Colak-Colek di (TV7) dan Dang Dut (Trans TV).

Diskografi

  • Duet Sang Bintang (2005)
  • Catatan Dusta (2000)
  • Lembaran Baru
  • Matador (1995)

Share.