Mellyana Manuhutu lahir di Jakarta, 5 Juli 1975. Ia mengawali karir di dunia hiburan sebagai penyanyi anak-anak di Ancol, bersama penyanyi-penyanyi cilik pada masa itu seperti Anggun C Sasmi, Irma June, Novia Kolopaking, Murni Chania, dan Rika Callebout. Penyanyi berdarah Ambon ini menikah dengan Prakaca Kasmir pada tanggal 19 September 2001. Pernikahan beda agama ini dilangsungkan di dua tempat, Gereja Tongkonan Toraya, Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pernikahan mereka telah dikaruniai 2 orang anak, Qacamelyv Prakaca (lahir 25 Oktober 2005)  dan Qalecia Prakaca (lahir 25 Agustus 2007).
Beranjak remaja Melly masuk menjadi penari di kelompok tari paling kondang masa itu GSP pimpinan Guruh Soekarnoputra. Ketika sedang mempersiapkan album pertama, Melly mengikuti pemilihan GADIS Sampul Majalah Gadis tahun 1990 dan berhasil menjadi juara III. Dari kontes GADIS Sampul inilah Melly mulai muncul di jajaran selebriti Indonesia. Apalagi setelah album pertamanya, “Mellyana”, beredar dan sukses di Jepang. Album produksi Wave Record Jepang ini diproduseri oleh Makoto Kubota, dan musiknya ditangani oleh GUest Music. Album ini menelorkan hits “Yamko Rambe Yamko”, “Cublak-Cublak Suweng”, dan “Tokecang”. Sukses album “Mellyana” dilanjutkan dengan album “Beautify” pada tahun 1992, masih diproduksi oleh Kubota dan Wave Records, dengan singel hits “Love at First Sight”. Pada tahun 1999 Melly kembali meluncurkan album ketiga atau album pertama di Indonesia, dengan judul album Melly Manuhutu. Hits dari album produksi BMG Music Indonesia itu adalah “Ada Cinta” dan “Biarkan Bebas”.

Saat ini, Melly sedang menggarap album keempatnya di bawah bendera Sony BMG Music Indonesia. Album ini melibatkan banyak nama seperti Tori Sudarsono (Guest Music), DJ Sumantri, Glenn Fredly, Aldy Wirya dll.

Selain menjadi penyanyi, Melly termasuk artis multi talented. Dia juga bintang iklan yang sukses menjadi image beberapa produk seperti Rexona dan Smile Up. Melly juga sempat menjadi pemain sinetron, dengan membintangi “Kucing-Kucing Hitam”, serial “Olga”, dan “Aladin”. Sebagai presenter, Melly sempat sukses dalam acara “Tips and Trips”, juga sempat menjadi penyiar radio di Ria FM (sekarang menjadi Pop FM) selama kurun 1998 sampai dengan 2003.

Selain kesibukan di dunia entertainment, Melly juga menekuni bisnis sayuran organik, dan bahkan sempat meluncurkan buku berjudul “Bertanam Sayuran Organik bersama Melly Manuhutu”.

Diskografi

  • Mellyana (1990) – hits: Yamko Rambe Yamko & Tokecang
  • Beautify (1991) – hits: Love at First Sight & Apuse
  • Ada Cinta (1999) – hits: Ada Cinta & Biarkan Bebas

Share.