Shahnaz Natasya Haque lebih dikenal sebagai Shahnaz Haque lahir di Jakarta, 1 September 1972. Ia adalah artis dan presenter. Shahnaz adalah anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan Allen dan Mieke Haque. Ia Adik dari Marissa Haque dan Soraya Haque.

Shahnaz pernah menjalin hubungan dengan sutradara Enison Sinaro. Lama setelah hubungan mereka berakhir, Shahnaz tiba-tiba membawa kabar mengejutkan bahwa dirinya telah dilamar Gilang Ramadhan. Mereka akhirnya menikah pada tanggal 5 Mei 2001 di Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta. Dalam lima tahun usia pernikahannya, mereka telah mempunyai tiga putri, Pruistin Aisha (lahir 8 Februari 2002), Charlotte Fatima (lahir 1 Februari 2003), dan si bungsu, Mieke Namira (lahir 1 Januari 2006).

Shahnaz juga diangkat menjadi Duta Campak untuk UNICEF.

Shahnaz memulai kariernya di dunia hiburan Indonesia sebagai None Jakarta II tingkat DKI 1993 dan kemudian terpilih menjadi Putri Indonesia Favorit 1995. Debut sinetron pertamanya adalah Salah Asoehan. Setelah itu beberapa sinetron lain yang pernah dibintanginya adalah Deru Debu II (1997), Olga Sepatu Roda, Kembang Setaman, dan Jembatan Yang Tidak Terputus, yang merupakan hasil kerja sama dengan badan PBB, UNICEF. Shahnaz juga pernah mendukung Teater Lembaga yang pentas di Gedung Kesenian Jakarta, 22-24 September 2000. Judul pagelaran komedi situasi tersebut adalah Rumah Candu, di sana Shahnaz berperan sebagai tokoh Nyai.

Lulusan Fakultas Tehnik Sipil UI 1996 ini juga pernah memandu acara Sehati di TPI, Kuis Digital LG Prima, Pautkan Hati di RCTI, dan Business Art di O Channel.

Sejak tahun 2006,Shahnaz bersama rekan-rekannya mendirikan sebuah perusahaan yang salah satu produknya adalah mukena (telekung) dengan label “Mukena Cantik Shahnaz”.Perusahaan ini ia dirikan tidak semata-mata karena materi, tapi lebih pada nilai pendidikan spiritual,yaitu mengajak para keluarga muslim untuk mulai mengajarkan sholat kepada anak-anaknya sejak dini. Selain itu, perusahaan yang sangat padat karya ini telah menolong lebih dari 200 keluarga kurang mampu untuk menambah penghasilan. 

Di luar dugaan produk mukena cantik tersebut mendapat sambutan yang sangat baik di pasar, bahkan tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun menjadi gemar mengoleksi mukena tersebut, yang menurut mereka sangat “fashionable”. Tidak hanya dalam sistem produksi yang melibatkan orang banyak, dalam pemasaran produknya, Shahnaz berusaha untuk mengajak setiap orang yang ingin mulai berbisnis untuk menjadi agennya. Menurutnya,modal uang bukanlah halangan dalam berbisnis, tapi keinginan yang besar dan jaringan yang luas adalah kuncinya. Semua kiat itu ia tuangkan dalam website www.mukenacantik.com.

Sinetron

  • Salah Asoehan
  • Deru Debu II (1997)
  • Olga Sepatu Roda
  • Kembang Setaman
  • Jembatan Yang Tidak Terputus

Presenter

  • Sehati di TPI
  • Kuis Digital LG Prima
  • Pautkan Hati (Hikmah Fajar) di RCTI
  • Business Art di O Channel

Share.