Valerina Daniel yang memiliki nama lengkap Valerina Novita Daniel, lahir di Jakarta 25 November 1978. Ia adalah seorang pembawa acara televisi dari Indonesia.

Sebelum masuk ke dunia pertelevisian, Valerina Daniel sudah kondang semenjak ia terpilih menjadi None Jakarte 1999 mewakili daerah Jakarta Timur. Ia juga sempat mengikuti pertukaran pelajar Indonesia-AS pada tahun 1996-1997.

Vale, begitu ia biasa disapa, memulai karir sebagai pembaca berita di TPI pada tahun 2000 setelah lulus dari FISIP Universitas Indonesia. Selain di acara berita, Vale juga dikenal sebagai asisten produser acara Liga Inggris, juga di TPI. Pada 2003 ia pindah ke SCTV juga sebagai pembaca berita. Ia juga sempat membawakan acara sepak bola Centrocampo Liga Italia di stasiun TV tersebut.

Pada 2004, ia pindah lagi ke MetroTV dan menjadi salah satu jurnalis Indonesia yang menyaksikan penandatanganan MoU antara pemerintah RI dan GAM di Helsinki, Finlandia. Acara yang dibawakannya di MetroTV antara lain adalah “Top Nine News” dan “Metro Realitas” Selasa.

Pada 2005, Vale mengikuti ajang Putri Indonesia 2005 mewakili daerah DKI Jakarta. Walaupun sudah dianggap uzur dibandingkan para konstestan yang lain, ternyata Vale mampu lolos hingga babak akhir sebelum akhirnya harus puas sebagai runner-up 2.

Pada Februari 2006, Vale pindah ke ANTV. Pada pertengahan 2007 Vale ‘pensiun sementara’ dari dunia televisi sementara tetap menjadi duta tetap kementerian lingkungan hidup Indonesia.

Trivia

  • Valerina Daniel merupakan wanita keturunan Minang, Sumatera Barat.
  • Vale jago bermain alat musik piano.
  • Vale juga jago menyanyi dan berdansa.
  • Ia merupakan fans dari tim sepak bola Liverpool FC.

Share.