Vety Vera lahir di Tasikmalaya, Jawa barat pada 23 November 1973. Ia adalah penyanyi dangdut Indonesia. Vety menikah dengan Ronny Fathony yang masih saudara jauhnya melalui sebuah perjodohan pada tahun 1996. dari pernikahan, mereka dikaruniai seorang anak, Daffa Veron Abdala. Sayangnya pernikahan ini tidak dapat dipertahankan. Mereka resmi bercerai pertengahan September 2004 di Pengadilan Agama Bandung. Seperti halnya pernikahannya dulu yang tidak terendus publik, perceraian mereka pun tak banyak diketahui orang.

Dua tahun menjanda, Vety mengakhiri masa jandanya pada 15 Juli 2006. Vety menikah dengan pria bernama Suparno. Pernikahan Vety terkesan mendadak, pasalnya ia hanya menyempatkan pacaran selama satu bulan dan langsung menikah.

Sebelum dikenal berkat lagu Sedang-Sedang Saja di tahun 1991, Vety telah mengeluarkan album Si Ujang. Namun yang melambungkan namanya adalah album kedua yaitu Sedang-Sedang Saja. Album ini sukses membawanya meraih HDX Awards dan pertunjukkan keliling ke lima negara, Amerika Serikat (AS), Belanda, Inggris, Perancis dan Hongaria pada tahu 1995.

Setelah itu, Vety merilis album Kok Masih Kurang, Kira-Kira Dong, Jakarta dan Kekasihku, Repot Ganti Baju, Terus Terang Saja, Macho, Diraba-raba dan Gerimis. Setelah vakum dari dunia rekaman selama 5 tahun, anak sulung dari pasangan H. Ibrahim dan Hj. Enok Emi ini meluncurkan album ke-12 pada ulang tahunnya yang ke-32 bertajuk Suratan Cintaku (2005). Album ini berisi delapan lagu baru, ditambah satu karya Rhoma Irama berjudul Santai yang dinyanyikan secara duet bersama sang adik yang juga penyanyi dangdut, Alam.

Pada ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2006 yang berlangsung tanggal 20 Desember 2006 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, Vety meraih penghargaan untuk Artis Solo Wanita Terbaik serta lagu “Suratan Cintaku” meraih Penata Musik Terbaik dan dinominasikan sebagai Lagu Dangdut Terbaik.

Vety juga menciptakan seluruh lagu dalam album perdana Julia Perez yang bertajuk Mau Dong Ah! (2007). Lagu “Mau Dong Ah!” dibawakan Julia Perez dalam film Susahnya Jadi Perawan.

Share.