Yasmine Yuliantina Yessy Gusman S.H., M.B.A lahir di Jakarta, 21 Juli 1962. Artis yang lebih  dikenal sebagai Yessy Gusman adalah bintang film yang terkenal di era akhir tahun 1970-an sampai 1980-an.

Yessy meraih gelar B.A dengan predikat Cum-Laude di Universitaty of San Fransisco; M.B.A di Golden Gate University of San Fransisco; dan S.H predikat Cum-Laude di Univeritas Pancasila.

Yessy menikah dengan Djoko Tingkir Tjakra (Okky) pada 5 Desember 1985.Yessy dan Okky pertama kali bertemu pada tahun 1981 saat samas-sama kuliah di University of San Fransisc, Amerika Serikat. Kebetulan keduanya aktif di Indonesian Club, sebuah organisasi mahasiswa Indonesia yang ada di luar negeri. Dari pernikahan, ini keduanya dikaruniai dua orang anak, Javan Dave Tjakra dan Cherro Adimas Tjakra. Setelah membina rumah tangga selama 17 tahun, mereka bercerai akhir tahun 2002.

Setelah tiga tahun menjanda,  Yessy akhirnya menikah untuk kedua kalinya dengan seorang pria asal Kalimantan Timur, Ir.Syachruddin bin Hasan Batong, M.B.A, yang usianya lebih muda 6 tahun. Mereka menikah tanggal 10 Juli 2005 . Baru 4 bulan menikah, sang suami langsung terganjal kasus illegal logging dan harus masuk bui. Kasus tersebut belum usai , namun Syachruddin telah menghadapi gugatan Yessy pada bulan Oktober 2007, dua tahun setelah mereka menikah.

Nama Yessy mulai melejit setelah membintangi film Gita Cinta dari SMA (1979) yang dibintanginya bersama Rano Karno. Yessy mulai terjun di dunia hiburan Indonesia sejak tahun 1974. Telah banyak film yang dibintanginya, diantara lain Romi & Yuli, Puspa IndahTaman hati, Buah Terlarang, Neraca Kasih, La Madastra, La Viuda De Blanco dan Tali Merah Perkawinan. Melalui film Usia 18 arahan Teguh Karya, Yessy dinobatkan sebagai Aktris Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 1981. Setelah industri perfilman nasional “pingsan”, yessy pun ikut menghilang.

Hampir 20 tahun tidak muncul di pentas hiburan, Yessy terlihat kembali denganyang sangat berbeda. Yessy seakan tak lepas dari kerudung panjang yang menutupi kepalanya. Yessy juga memfokuskan kegiatannya pada pendidikan anak. Ia telah mendirikan 46 Taman Bacaan Anak (TBA) dan sanggar kreatifitas anak di bawah naungan Yayasan Bunda Yessy. Sementara itu, penghargaan yang telah diterimanya antara lain: penghargaan dari MIZAN atas kepedulian untuk mendukung enyediaan sarana Taman Bacaan Bagi Anak-Anak (3 Mei 2003) dan penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Malik Fadjar atas prestasinya dalam maningkatkan minat baca masyarakat melalui Taman Bacaan Anak Yayasan Bunda Yessy (16 Desember 2003).Bahkan di tengah kesibukkannya, Yessy sempat menulis sebuah buku berjudul Menyemai Kasih Suatu Perjalanan (2004) yang diterbitkn oleh penerbit Baraka (Mizan). Ia jga sempat bermain sinetron bersama Rano Karno yang berjudul Kau Diatas Aku Dibawah yang pernah tayang di Indosiar tahun 2001.

Filmografi

  • Romi dan Juli (1974)
  • Buah Terlarang (1979)
  • Gita Cinta Dari SMA (1979)
  • Puspa Indah Taman Hati (1979)
  • Remaja-Remaja (1979)
  • Selamat Tinggal Duka (1980)
  • Usia 18 (1980)
  • Tali Merah Perkawinan (1981)
  • Neraca Kasih (1982)
  • Sumpah Keramat (1988)
  • Ummi Aminah (2012)

Share.