Mamat Alkatiri: Roastingnya Tidak Mencemarkan Nama Baik

Mamat Alkatiri: Roastingnya Tidak Mencemarkan Nama Baik
Foto: Topik Populer - @mamat_alkatiri

Topikpopuler.com – Dosen Linguistik Forensik Universitas Negeri Jakarta Krisanjaya mengomentari kasus yang menimpa komika Mamat Alkatiri.

Dia menilai laporan pencemaran nama baik Hillary Brigitta Lasut terhadap komedian Mamat Alkatiri tidak memenuhi aspek hukum. Karena komentar yang dikatakan Mamat termasuk dalam penghinaan, tapi bukan pencemaran nama baik.

Baca: Wendy Walters Resmi Menggugat Cerai Reza Arap Oktovian

“Ungkapan ‘makian’ (tanda kutip oleh Krisanjaya) seperti goblok, tahi tergolong ke dalam penghinaan sebagaimana diatur di dalam KUHP atau UU yg mereferensikannya,” jelas Krisanjaya melalui pesan singkat kepada Tempo pada Jum’at, 7 Oktober 2022

MKD Sarankan Hillary Tak Laporkan Mamat Alkatiri ke Polisi

Ia menyatakan, kata-kata yang keluar dari mulut Mamat tidak memenuhi syarat verba tindakan, jadi apa yang Mamat katakan tidak ada unsur pencemaran nama baik.

Baca: Mikha Tambayong Pemeran Utama Terbaik di Asia Wide Award

Mamat Alkatiri: Roastingnya Tidak Termasuk Pencemaran Nama Baik

“Unsur makna pencemarannya tidak ada karena syarat verba tindakannya tidak terpenuhi,” tukasnya

Verba tindakan atau kata kerja tindakan adalah kelas kata yang menyatakan subjek yang sedang melakukan sikap, tindakan, atau tingkah laku.

Krisanjaya menambahkan, secara linguistik, pencemaran nama baik sebagaimana diatur Kitab Undang-undang Hukum Pidana mensyaratkan verba tindakan atau kata kerja.

“Perbuatan yang dilarang berupa pencemaran (nama baik) sebagai mana diatur di dalam KUHP secara linguistik forensik mensyaratkan kata kerja atau verba perbuatan atau tindakan,” tuturnya.

Mamat Alkatiri: Roastingnya Tidak Mencemarkan Nama Baik
Foto: Topik Populer – @mamat_alkatiri

Politikus NasDem laporkan Mamat Alkatiri

Sebelumnya, pada Rabu, 5 Oktober 2022 anggota DPR dari Partai NasDem Hillary Brigitta Lasut melaporkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik. Dalam laporan itu disebutkan, Hillary merasa nama baiknya dicemarkan oleh Mamat saat menghadiri sebuah talkshow pada Sabtu, 1 Oktober lalu.

Baca: Najwa Shihab Tanggapi Isu KDRT: Peka dan Fokus Bela Korban Kekerasan

Dugaan pencemaran nama baik itu berawal ketika Hillary menjadi narasumber dalam sebuah diskusi di Jakarta. Dalam acara tersebut hadir pula anggota DPR lain, yakni Fadli Zon. Di akhir acara Mamat melakukan sindiran atau roasting kepada para tamu acara, termasuk Hillary.

“Menurut pelapor, dalam melakukan roasting kepada korban, terlapor menggunakan kata yang kurang sopan. Atas kejadian tersebut korban merasa dicemarkan nama baiknya,” ujar Zulpan.

Hillary Brigitta Lasut membuat laporan polisi yang telah diterima oleh Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/B/5054/X/2022/SPKT/Polda Metro Jaya pada Senin, 3 Oktober. Dalam laporan itu, Mamat Alkatiri diduga melanggar Pasal 310 KUHP tentang pencemaran nama baik.

Mamat Alkatiri: Roastingnya Tidak Mencemarkan Nama Baik
Foto: Topik Populer – @mamat_alkatiri

Permintaan maaf Mamat Alkatiri secara terbuka telah ditanggapi oleh Hillary Brigitta Lasut dan keduanya berencana akan segera bertemu.