Najwa Shihab Tanggapi Isu KDRT: Peka dan Fokus Bela Korban Kekerasan

Najwa Shihab Tanggapi Isu KDRT: Peka dan Fokus Bela Korban Kekerasan
Foto: Topik Populer - @najwashihab

Topikpopuler.comNajwa Shihab mengingatkan agar lebih fokus membela korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dibanding membela sang pelaku kekerasan.

Menurut Najwa, korban KDRT sering kali kalah dalam persidangan meski pelaku dinyatakan terbukti bersalah.

Baca: Anwar BAB sebelum Sukses Pernah jadi MC Pegang Pampers

Tidak hanya itu, angka atau data yang masuk ke dalam lembaga profesional tidak pernah sesuai dengan fakta lapangan.

Najwa Shihab Tanggapi Isu KDRT: Peka dan Fokus Bela Korban Kekerasan

Jumlah totalitas korban kekerasan selalu lebih kecil dari yang terjadi sesungguhnya.

Kasus KDRT Lesti Kejora dan Rizky Billar

Masih hangat dalam ingatan, Lesti Kejora diduga menjadi korban KDRT dari suaminya Rizky Billar. Lesti sampai harus mengalami luka berat dan dilarikan ke rumah sakit di Jakarta. Padahal pasangan muda ini digadang-gadangkan sebagai pasangan ideal.

Namun siapa sangka, Rizky Billar justru melakukan kekerasan kepada istrinya sendiri, Lesti Kejora.

Kasusnya sudah masuk tahap pemanggilan saksi dan pelapor. Dan lagi lagi sang pelaku kekerasan, Rizky Billar mangkir dari panggilan polisi dan disebut tengah mengalami gangguan psikis

Baca: Chandra Liow Buat Press Release Bantah Tuduhan Kekerasan

Najwa Shihab: Fokus Membela Korban KDRT

Kali ini presenter Najwa Shihab buka suara atas kasus KDRT yang belakangan ramai diperbincangkan. Najwa meminta masyarakat untuk mengawal kasus kekerasan dan tetap fokus membela korban.

Pernyataan ini bukan isapan jempol semata, menurut Najwa, kasus KDRT kerap kali menjadikan korban kalah dalam persidangan. Walau akhirnya pelaku terbukti bersalah, namun beban hukuman selalu tidak setimpal dengan nilai kerugian yang didapat korban.

Najwa Shihab Tanggapi Isu KDRT: Peka dan Fokus Bela Korban Kekerasan
Foto: Topik Populer – @najwashihab

Tak hanya itu, data dari lembaga yang kredibel juga selalu tidak sesuai dengan fakta lapangan. Menurutnya, apa yany dilaporkan selalu lebih kecil dari angka-angka sebenarnya.

“KDRR itu kalau kita lihat data-data dari lembaga yang kredibel. Itu pasti selalu seperti puncak gunung es. Apa yang dilaporkan selalu lebih kecil dari angka-angka sebenarnya. Jadi perspektifnya adalah selalu percaya dan membela korban,” ungkap Najwa Shihab dikutip dari Instagram @lambegosiip, Jumat, 7 Oktober 2022.

Baca: Synchronize Fest 2022 Menampilkan White Shoes & The Couples Company

Menghimbau Masyarakat Peka terhadap Isu KDRT

Kekerasan dalam rumah tangga kerap terjadi baik pada pasangan atau anak-anak. Namun tak banyak terungkap lantaran orang merasa biasa dengan kekerasan kecil yang dilakukan pasangan.

Namun menurut Najwa Shihab, kekerasan dalam bentuk apapun tidak boleh ditolerir. Baik itu kekerasan kecil atau besar, sebab menurut dia, hal kecil merupakan cikal bakal untuk menjadi masalah besar.

Najwa Shihab Tanggapi Isu KDRT: Peka dan Fokus Bela Korban Kekerasan
Foto: Topik Populer –

“Dan tidak mentolerir kekerasan dalam bentuk apapun,” ujar Najwa Shihab.

Najwa Shihab memang dikenal sebagai sosok wanita yang sangat membela keadilan terhadap perempuan dan anak-anak. Dia mengajak masyarakat peka terhadap isu KDRT yang sedang bergulir sekarang.