Pamungkas: Musisi Pop yang Tenar dengan Kontroversi

Pamungkas: Musisi Pop yang Tenar dengan Kontroversi
Foto: Topik Populer - @pamungkas

Topikpopuler.comPamungkas, penyanyi yang kini kembali menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah aksinya di atas panggungnya yang dinilai sangat tidak pantas.

Musisi pop yang memiliki nama lengkap Rezki Rahmahadian Pamungkas dan dikenal dengan lagu ‘To The Bone’ ini telah menimbulkan beberapa kontroversi di tanah air selama karirnya.

Baca: Zaskia Adya Mecca Cerita Persahabatan dengan Dave Moffatt

Sebelumnya, pada tahun 2021, Pamungkas juga sempat tersandung kontroversi.

Pamungkas: Musisi Pop yang Tenar dengan Kontroversi

Saat itu, ia dituduh menggunakan artwork seniman Prancis, Baptiste Virot tanpa izin untuk sampul albumnya, Solipsism 2.0.

Baca: Rachel Vennya Party sampai Pagi, Diduga Telantarkan Anak

Pertama, Penggunaan Artwork Seniman Luar Negeri Tanpa Izin

Usai kehebohan yang terjadi, Pamungkas pun akhirnya memberikan pernyataan yang disampaikan lewat video yang diunggah akun Instagram label rekaman Mas Pam Records.

Dalam pernyataannya, solois itu mengaku salah dan meminta maaf membuat kegaduhan di media sosial karena telah lalai. Diakuinya juga, pihaknya sudah menyelesaikan masalah dengan seniman tersebut. Musisi ini dan tim membeli hak cipta dan ilustrasinya dan berhubungan baik.

Pamungkas: Musisi Pop yang Tenar dengan Kontroversi
Foto: Topik Populer – @pamungkas

Kedua, Rumor Plagiarisme Lagu

Di awal tahun ini, tepatnya 28 Januari 2022, dia merilis lagunya yang berjudul Birdy. Namun, tak berselang lama usai perilisannya, ada sebuah tudingan yang menyebut bahwa lagu tersebut hasil plagiat dari puisi karya penyair dan penulis asal Amerika Serikat, Charles Bukowski.

Baca: Deddy Corbuzier: Rossa Hampir Pacar sama Gue, ga Mungkin sama Reza

Tudingan itu pertama kali diungkap oleh akun Twitter bernama Hamzah Muhammad, yang memang notabenenya adalah salah satu pegiat puisi dan menekuni karya Charles Bukowski. Hamzah Muhammad menuding Pamungkas menjiplak buku puisi The Bluebird karya Charles Bukowski karena lirik lagunya Birdy yang dinilai sangat mirip.

Hamzah akhirnya beranggapan kalau lagu Birdy hanyalah musikalisasi puisi The Bluebird. Buntut perseteruan itu, musisi ini akhirnya mengubah hampir seluruh lirik lagu Birdy.

Pamungkas: Musisi Pop yang Tenar dengan Kontroversi
Foto: Topik Populer – @pamungkas

Ketiga, Menggosok HP ke Alat Vital di Atas Panggung

Terbaru tanggal 8 Oktober 2022, Pamungkas kembali menimbulkan kontroversi hingga membuatnya bertengger cukup lama di deretan trending twitter usai aksinya yang dinilai tak senonoh di atas panggung.

Bermula dari beredarnya sebuah video yang menunjukkan aksinya di atas panggung. Ia terlihat memegang HP penggemarnya dan awalnya baik-baik saja. Namun, tak berapa lama, dia tiba-tiba mengarahkan HP itu ke alat vitalnya dan menggosokkannya. Sontak saja, aksinya itu dikecam banyak netizen dan menuai kontroversi.