Soleh Solihun: Komentator Tenis yang Buta Tenis, #solehout

Soleh Solihun: Komentator Tenis yang Buta Tenis, #solehout
Foto: Topik Populer - @solehsolihun

Topikpopuler.com – Komika, Soleh Solihun menarik perhatian setelah bertindak sebagai komentator di pertandingan Tiba-Tiba Tenis oleh Vindes Sport.

Diselenggarakan khusus untuk selebriti Indonesia, pertandingan tenis digelar pada Sabtu, 12 November 2022 di Tennis Indoor Senayan, Gelora Bung Karno.

Baca: Pradikta Wicaksono Cukup 20 Detik Langsung Trending 1# Twitter

Soleh Solihun mendapat kritik karena terus-menerus bertanya dan tidak tahu banyak tentang tenis, sehingga netizen membuat tagar #solehout di media sosial.

Soleh Solihun sering mengajukan pertanyaan tentang teknis permainan tenis dan melontarkan kalimat-kalimat yang mengganggu sebagian besar pemirsa online.

Baca: Billie Eilish Berkuda untuk Menyeimbangkan Mental dan Menghilangkan Stress

Soleh Solihun: Komentator Tenis yang Buta Tenis, #solehout

Di sisi lain komentar dari Soleh Solihun dianggap mewakili pertanyaan para penonton yang juga tidak mengerti istilah teknis dan sistem skor pada pertandingan tenis.

Salah satu pengguna Twitter bahkan ada yang merangkum kometar Soleh yang membuat penonton kesal selama menjadi komentator bersama Vincent Rompies, Yayuk Basuki, dan Nagita Slavina.

“Emang ini kita ngomentarin selama mereka tanding? Enggak kan? Bukannya itu harusnya setelah pertandingan, ya?” kata Soleh sesaat sebelum pertandingan pembuka Dion Wiyoko / Enzy Storia melawan Gading Marten / Wulan Guritno.

Soleh Solihun: Komentator Tenis yang Buta Tenis, #solehout
Foto: Topik Populer – @solehsolihun

“Kalau melihat latihan kayaknya dua-duanya jelek ya, setelah saya lihat sekarang kayaknya dua-duanya tidak ada yang meyakinkan,” kata Soleh. “Ini sungguh tontonan yang memprihatinkan, ya.”

“Mbak Yayuk, kenapa kalau pemain tenis cewek suka nyumpel-nyumpelin bola di celananya?” kata Soleh yang pernah berprofesi sebagai wartawan sebelum menjadi komika.

Termasuk saat Wulan Guritno menghampiri kekasihnya, Sabda Ahessa. Wulan terlihat mendengarkan arahan dari Sabda Ahessa yang merupakan atlet basket.

Baca: Desta Selalu Diproteksi Anak Ke-2, Supaya Gak ngiler Kalo Liat Cewek Seksi

“Pacarnya Wulan atlet apa?” kata Soleh. “Basket,” kata Vincent. “Kenapa dia sotoy soal tenis?” kata Soleh.

Soleh juga mempertanyakan aturan pertandingan tenis yang disinggung oleh Yayuk Basuki.

“Kode-kode tertentu itu bisa kena warning,” kata Yayuk.

“Kenapa?” kata Soleh.

“Ya memang tidak boleh, aturannya begitu,” kata Yayuk.

“Emang begitu, Leh, enggak usah ditanyain lagi,” kata Vincent.

“Perasaan kalau di olahraga lain boleh,” kata Soleh.

“Ya kan tenis beda, Leh,” kata Vincent.

Selama kurang lebih 4 jam acara Tiba-Tiba Tenis berlangsung, Vincent mengaku stres karena berpartner dengan Soleh.

“Komentatorin sama Soleh, stres, nanya mulu,” kata Vincent.

“Mbak Yayuk mau botol enggak buat getok Soleh? Enggak apa-apa,” kata Vincent ketika Soleh kebingungan dengan nilai skor.

Selain netizen, rupanya rekan Soleh di klub motor The Prediksi, Imam Darto juga menyoroti hal tersebut. Darto bahkan mengusulkan agar Vindes Sport berikutnya menggelar pertandingan tinju dan Soleh menjadi salah satu pemain.

“Vindes Sport selanjutnya : TANDING TINJU @solehsolihun vs SIAPA kira kiraaaa? 1 Indonesia jadi tau ngeselinnya kayak gimana lu lehhh,” cuit Imam Darto.

Soleh Solihun: Komentator Tenis yang Buta Tenis, #solehout
Foto: Topik Populer – @solehsolihun

Namun di balik kritik pedas tersebut, Soleh juga banyak mendapat komentar positif. Vincent sendiri mengakui kalau Soleh mewakili masyarakat yang banyak tidak mengerti soal tenis.

“Soleh ini mewakili banyak sekali masyarakat Indonesia yang masih awal sekali sama tenis, jadi kita menjelaskan dan orang tahu,” kata Vincent.

“Banyak yang bilang Soleh nyebelin, meskipun IYA BANGET tapi pertanyaan yang dia lontarin itu mewakili gw juga sebagai orang awam yang ga ngerti tenis,” cuit @autop***.

“Tanpa Soleh gw gatau perhitungan poin dalam tenis. Kalo Soleh gak nanya terus,” cuit @ryan***.

“Demi Tuhan Soleh ini banyak bertanya tapi lucu banget walaupun livechat pada komen ‘Soleh out’ wkwkwkwk,” cuit @shess***.